Sabtu, 23 April 2016

Good Information 7 ( Pentingnya Keselamatan Berkendara )

Diposting oleh Unknown di 01.17

Keselamatan Berkendara
“Penting atau tidak???”


Transportasi merupakan perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Istilah transportasi tidak jauh  berbeda dengan istilah berkendara.  Berkendara adalah salah satu aktivitas manusia yang sering dilakukan untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Dalam berkendara biasanya kita menggunkan alat transportasi, contohnya yang sering digunakan adalah berkendara dengan sepeda motor. Berkendara sepeda motor juga selalu kita lihat di jalanan Indonesia ini apalagi di Pulau Jawa mengingat populasi sepeda motor sangat banyak sekali. Orang-orang cenderung memilih bersepeda motor sebagai pilihan pergerakan karena murah dan cepat.
Namun hal ini sering tidak diimbangi dengan aspek keselamatan yang harusnya mereka jaga. Contohnya tidak menggunakan helm, mengebut  di jalanan, sama menyerempet di sana sini. Hal tersebut adalah sebagian dari perilaku melanggar lalu lintas yang sering dilakukan di Indonesia. Tentunya akan menambah angka kecelakaan di Indonesia yang semakin  hari semakin meningkat.
Keselamatan lalu lintas merupakan suatu keadaan aman, dalam suatu kondisi yang aman secara fisik, sosial, spiritual, finansial, politis, emosional, pekerjaan, psikologis, ataupun pendidikan dan terhindar dari ancaman terhadap faktor-faktor tersebut. Untuk mencapai hal ini, dapat dilakukan perlindungan terhadap suatu kejadian yang memungkinkan terjadinya kerugian ekonomi atau kesehatan. Keselmatan sesungguhnya akan terjaga jika dimulai dari kesadaran diri kita sendiri. Kesadaran , kepedulian dan saling respect satu sama lain antar pengguna jalan adalah salah satu kunci utama untuk meningkatkan keselamatan. Tak hanya itu saja.. pengetahuan dan logika yang dipakai dalam berkendara juga merupakan hal penting. Seperti mengetahui rambu-rambu , mematuhi aturan – aturan lalu lintas yang tidak lain untuk kebaikan pengguna jalan itu sendiri, tidak memaksakan diri untuk tetap berkendara dalam hal inipengendara harus mampu mengetahui kondisi tubuh diri sendiri, serta tetapkan diri untuk focus dalam berkendara. 
 Pemerintah melakukan pemaksaan dalam menerapkan peraturan pada lalu lintas sebagai landasan agar tidak ada kecelakaan dan demi ketertiban semua pihak. Selain itu keselamatan juga didukung pula dari aspek jalan, kendaraan dan lingkungan. Teknis keselamatan harus diupayakan dalam pembuatan pra operasional sampai pasca operasional jalan melaui Audit Keselamatan Jalan yang dibuat oleh pemilik jalan, pembina jalan dan pihak ketiga, yaitu pemerintah dan pihak swasta. Aspek kendaraan meliputi persiapan alat pelindung dan pengecekan kendaraan sebelum memulai perjalanan. Sedangkan lingkungan meliputi cuaca dan kondisi lalu lintas yang sedang di lewati. 



Baca selalu buku PETUNJUK SEBELUM BERKENDARA agar kita dapat mempersiapkan diri dengan baik  saat berkendara di jalan.

>

0 komentar:

Posting Komentar

 

"Gold Generation" Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting