Jumat, 15 April 2016

TEKNOLOGI MEDIA KOMUNIKASI

Diposting oleh Unknown di 20.30


TEKNOLOGI MEDIA KOMUNIKASI
Forum Diskusi
Resume 6


PERTANYAAN:
1)                 Bagaimana pengertian media komunikasi
2)                 Apa bentuk media komunikasi massa yang mudah ditemukan di masyarakat?
3)                 Bagaimana jika manusia di bumi jika hidup tanpa teknologi media komunikasi?
4)                 Bagaimana hubungan antara media dan masyarakat?
5)                 Apakah teknologi media komunikasi dapat mempengaruhi perasaan, pikiran dan tindakan manusia?
6)                 Bagaimanakah urutan sejarah media komunikasi?
JAWABAN:

1)                                   Media komunikasi merupakan sebuah sarana atau alat yang dipakai sebagai penyampaian pesan dari komunikator kepada khalayak. Media sangat dominan dalam berkomunikasi ialah pancaindra manunsia seperti mata, telinga.
Media komunikasi juga dijelaskan untuk sebuah sarana yang dipakai utnuk memproduksi, mengolah, reproduksi, serta mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah informasi. Media komunikasi sangat berperan penting untuk kehidupan seluruh masyarakat. Dengan sederhana, media komunikasi merupakan perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang memiliki tujuan agar efisien dalam menyebarkan pesan atau informasi. Komunikasi adalah perdakapann yang berlangsung dengandasar persamaan persepsi.
           2)                   Bentuk media komunikasi yang mudah ditemukan dalam masyarakat



-                     Media cetak
Beragam jenis media komunikasi yang dapat dilakukan melalui sebuah proses percetakan serta dapat dipakai sebagai sarana menyampaikan informasi atau pesan.
Contohnya: buku, majalah, Koran, brosur.

-                     Media visual/ media pandang
Penerimaan pesan yang tersampaikan dengan melalui panca indera dan dapat dilihat.
Contohnya : gambar, foto.

-                     Media audio
Penerimaan pesan yang tersampaikan dengan melalui indera pendengaran.
Contoh : radio, tape recorder.



-           Media audio visual aid
Media komunikasi yang dapat dilihat serta dapat didengar, agar mendapatkan informasi secara bersamaan.
Contoh: televisi


3)                            Jika manusia dibumi hidup di bumi ini tanpa teknologi media komunikasi akan mengakibatkan beberapa dampak negative terhadap perkembangan globalisasi yang semakin maju. Karena pada dasarnya teknologi komunikasi merupakan sistem elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi antar individu atau kelompok orang. Teknologi media komunikasi menfasilitasi komunikasi antar individu atau kelompok orang yang tidak bertemu secara fisik di lokasi yang sama. Teknologi media komunikasi dapat berupa telpon, telex, fax, radio, televisi, audio video’ electronic data interchange and e-mail.  Selain itu Rogers ( 1986 ) juga berpendapat bahwa Teknologi komunikasi adalah peralatan-peralatan perangkat keras, struktur organisasi, dan nilai sosial dengan mana individu mengumpulkan, memproses dan terjadi pertukaran informasi dengan individu lain. Sehingga manusia dibumi sangat memerlukan adanya teknologi media komunikasi agar mempermudah semua aspek kehidupan manusia , baik dari aspek mengakses informasi maupun mengikuti perkembangan era globalisasi.
            Sedangkan dampak jika tidak ada teknologi media komunikasi antara lain:
a.       Informasi yang diperoleh membutuhkan waktu yang lama
b.      Ketidakserempakan mendapatkan informasi
c.       Adanya perbedaan persepsi/ pendapat ( salah tafsir ) di dalam berkomunikasi
d.      Membutuhkan biaya yang mahal
e.       Memicu terjadinya kesenjangan social

4)                             Hubungan media massa dengan masyarakat adalah saling memanfaatkan dan saling diuntungkan ( simbiosis mutualisme ) contohnya pada saat suatu perusahaan sedang dilanda berita negative maka media seringkali menjadi penanganan krisis dengan memberitakan tentang hal-hal positive tentang perusahaan tersebut. Pada saat krisis cara yang terbaik dalam penanganan hubungan media dengan masyarakat adalah dengan menginformasikan usaha-usaha untuk kedepannya. Selain itu media massa juga dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi dan publisitas positive pada liputan berita saat Fraksi PDIP DPR mengembalikan total uang insentif legislasi sebesar 3.4 miliar.

5)              Perkembangan teknologi media komunikasi dpat mempengaruhi pikiran, persaan, dan manusia karena Kini dengan kemajuan teknologi komunikasi, semakin banyak orang yang menggantungkan hidup pada media sehingga teknologi media sangat mempengaruhi audiens, misalnya dalam teori technological determinism yang diperkenalkan oleh Marshall McLuhan (1911-1980). Kata teori ini, keyakinan bahwa pengembangan teknologi sangat menentukan perubahasan sosial dan kultural, karena teori ini menerpa kita dari segala penjuru. Media seolah mendorong rasio dan perasaan kita untuk bagaimana mengalami dunia.
Marshall McLuhan menbagi dua jenis media sebagaimana dijelaskan dalam bukunya Understanding Media yang mengemukakan bahwa kita dapat membagi media berdasarkan tingkat pengaruhnya kepada audiens, dan tingkat partisipasi audiens terhadap media. Adapun dua tipe media yaitu :
a)              Hot media : adalah media yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap manusia melalui persepsi sensorisnya,bahkan hanya menggunakan satu sensoris atau sensoris tunggal saja seperti melalui cahaya/mata dan suara/telinga. Contohnya fotografi, radio, dan film movie.
b)              Cool media : adalah jenis media yang selalu melibatkan lebih sedikit stimulus. Karena audiens mengakses media ini, maka mereka harus berusaha lebih aktif untuk berpartisipasi misalnya dengan memanfaatkan semua sensoris secara serentak agar dapat memahami semua informasi yang mereka terima. Contohnya televisi, forum seminar, film kartun, dan telepon
            6)                 Sejarah perkembangan media komunikasi :
Sekurang-kurangnya ada empat catatan historis tentang perkembangan media yakni: 

Pertama, era masyarakat tribal the tribal age. Di era ini, komunikasi manusia dimediasi melalui komunikasi lisan oral communication karena masyarakat umumnya terikat dengan budaya lisan oral culture sehingga yang berperan disini ialah storytelling yang mengandalkan keterlibatan pemikiran intuitif dan historis. Ada empat karakteristik komunikasi lisan, yaitu :
1.                  Mengandalkan emosi di saat komunikasi lisan, terutama pada waktu mendengarkan sense of hearing, diiringi rangkulan tangan serta kecupan di kening atau hidung, dan selalu berusaha menciptakan suasana batin yang aman.
2.                  Komunikasi antarpersonal sangat mengutamakan keterlibatan encouranges high involvement, misalnya menyatakan sikap simpati dan empati kepada sesama.
3.                  Memotivasi pendengar bahwa apa yang diceritakan itu penting importance of stories.
4.                  Komunikasi selalu memperhatikan interaksi personal.


Kedua, era masyarakat tulis the age of literacy. Di era ini, komunikasi manusia dimediasi oleh tulisan yang dibangun berdasarkan prinsip-prinsip bangunan logika. Ada empat karakteristik dasar dari era masyarakat tulis, yakni:
1.                  Sangat didominasi oleh komunikasi visual.
2.                  Mendorong permenungan pribadi ketimbang melibatkan kelompok.
3.                  Memperkenalkan logika.
4.                  Matematika, sains, dan filsafat.

Ketiga, era percetakan the print age.
Karakteristik:
1.                  Di era ini, komunikasi antarmanusia menekankan pada cetakan visual yang berpusat pada galaksi Guttenberg,
2.                  Peranan mata sangat dominan, status sains diperhitungkan,
3.                  Serta munculnya sikap individual.

Keempat, era elektronika the electronic age
 
Menekankan pada image visual. Era ini diawali dengan terbentuknya kesadaran dan pengalaman hidup dengan prinsip global village. Pada era ini, televisi merupakan media yang sangat dominan karena melibatkan semua sensori manusia (persepsi, sikap, stereotip, pikiran, perasaan, emosi, tindakan). Setelah revolusi telekomunikasi bertumbuh pesat yang mendorong dan mengubah peran teknologi media, maka studi komunikasi manusia juga mengalami revolusi yang sangat cepat, dan peranan media dianggap penting untuk dimasukkan dalam model proses komunikasi manusia. Peranan media, dengan dukungan teknologi telekomunikasi, ternyata sangat membantu, memudahkan, mempercepat, memperluas peluang bagi sumber yang mengirimkan dan bertukar informasi kepada audiens.

>

0 komentar:

Posting Komentar

 

"Gold Generation" Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting